Minggu, 12 April 2015

Membuat Password Notebook/PC

Terkadang Notebook atau PC juga merupakan barang-barang pribadi layaknya ponsel, Smartphone, motor. Dimana banyak hal-hal pribadi di dalamnya yang memungkinkan orang lain lebih baik tidak melihat atau ingin tahu, atau mungkin bahkan tidak meminjamkannya. Nah disini saya menyarankan Anda untuk Membuat Password Laptop atau Notebook bahkan PC, agar orang lain tidak semudah dan seenaknya menggunakannya.

Sebenarnya trik ini menggunakan manfaat salah satu fungsi jaringan jenis Client-Server yaitu pada User Account. User Accounts adalah Akun pengguna komputer atau laptop yang memiliki informasi tentang hak akses penggunaan file atau folder yang ada pada komputer atau laptop, dan bisa digunakan untuk berbagi file komputer dengan beberapa pengguna lain yang dilengkapi user name and password (nama pengguna dan sandi).

Ada tiga jenis akun. Masing-masing jenis akun tersebut memiliki hak akses yang berbeda:

1.     Standard user adalah akun standar untuk komputasi sehari-hari.
2.     Administrator accounts memiliki kontrol penuh dan hanya boleh digunakan bila diperlukan.
3.     Guest accounts ditujukan untuk pengguna sementara dari sebuah komputer.


Dari 3 jenis akun yang mudah untuk kenyamanan antar user satu dengan yang lain adalah dengan memakai akun Standart Account, karena masih bisa mengoperasikan komputer/laptop dengan normal.    
Contoh Gambar User Account dapat dilihat pada gambar dibawah ini :


Penjelasan Gambar :

1.    Only 13111708
Adalah contoh dari akun jenis Administator accounts. Akun bisa menjalankan komputer/laptop secara penuh dan maksimal sesuai apa yang ada didalamnya. Oleh karena itu terdapat password sebagai pengendali dari akun.

2.    Khusus Pinjam
Adalah contoh dari akun jenis Standart user. Akun bisa juga bisa menjalankan semua aplikasi yang ada seperti pada akun Administator. Akun ini mengikuti program apa saja yang ada didalam Administator. Contoh di atas adalah akun Standart user dengan tidak menggunakan password.

3.     Guest
Adalah contoh dari akun jenis Guest. Akun ini tanpa password, namun user hanya bisa membaca, tidak bisa menggunakan aplikasi dan sistem yang ada seperti pada Administator dan Standart Acoount. Biasanya akan muncul pesan “Access Denied” atau “No Permission” error. Hal ini meminta kepada user untuk meminta izin terlebih dahulu ke akun administator.
Lalu bagaimana cara membuatnya ?. Berikut langkah-langkahnya :
 

Cara membuat User Account.
(contoh menggunakan OS Win7 Ultimate)

Berikut ini adalah langkah-langkah untuk membuat User Accounts :

1.    Klik Start.

2.     Klik Icon User.
3.    Sehingga akan muncul nama account user :

4.    Klik create a password for your account, lihat gambar dibawah ini :
5.    Kemudian akan muncul dialog seperti dibawah ini :

6.    Selanjutnya isilah kategori password Anda, jika sudah mengisi klik create password. Maka akan tampil :
7. Selesai atau End.

Untuk penyempurnaan, saya tambahkan petunjuk di bawah ini.
Lihat gambar :
 Kebetulan contoh diatas adalah account jenis administator.
Jika Anda mau menambah account baru lagi yaitu seperti account Standart User atau Guest Accounts. Maka klik Manage another account, kemudian akan mucnul :
Catatan : Ada beberapa perbedaan antara administator dengan standart user :

Administator dapat mengoperasikan segala aplikasi yang ada, sedangkan standart user akan menggunakan aplikasi yang ada pada Administator. Ada kalanya instal terlebih dahulu meskipun pada akun Administator sudah diinstal.
Sedangkan pada Guest account, biasanya ia hanya melihat, tidak bisa mengedit, mengopi maupun menhapus terkecuali dapat ijin terlebih dahulu dari Administator. Guest account tidak leluasa dalam menjalankan program aplikasi, dia terbatas.

Cukup sekian penjelasannya, selamat mencoba, pasti sangat bermanfaat untuk Anda.
Semoga bermanfaat...

Referensi :
Arifin, Zaenal. Langkah Mudah Membangun  Jaringan Komputer. Ed I. Yogyakarta: ANDI, 2005.

Fisabilillah, Musafir. “Membaca dan Belajar: User Account”.
http://membacadanbelajar.blogspot.com,      26 Jul 2012. Web. 9 Jan. 2015.

Ilmu Teknologi. “Macam-macam Jaringan Komputer berdasarkan Fungsinya”. http://alifthoriqmaarif.blogspot.com,. Web. 9 Jan. 2015.

Viruzzkhodock. “ Pengertian Jaringan & Konsep Jaringan Komputer”. http://mokamadsaefullah.wordpress.com, 16 April 2011. Web. 31 Des. 2014.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar