Sabtu, 10 Oktober 2015

Perangkat Lunak

Salam sehat. Perjumpaan kali ini saya akan membahas sedikit tentang perangkat lunak atau software. Kata tersebut sudah umum didengar ketika sudah dibangku SMP (Sekolah Menengah Pertama) maupun SMA (Sekolah Menengah Atas). Bahkan juga sudah diperkenalkan di SD (Sekolah Dasar) dan TK (Taman Kanak-kanak). Oleh karena itu, mari kita bersama belajar mengetahui apa itu Perangkat Lunak.


Perangkat lunak (Software) merupakan program-program komputer yang berguna untuk menjalakankan suatu perkerjaan sesuai dengan yang dikehendaki. Program tersebut ditulis dengan bahasa khusus yang dimengerti oleh komputer.

Ada dua jenis perangkat lunak yaitu perangkat lunak sistem (system software) dan perangkat lunak aplikasi (application software).

1. Perangkat Lunak Sistem (system software).
Perangkat lunak sistem melaksanakan tugas-tugas dasar tertentu yang diperlukan semua pengguna untuk komputer. Ada tiga jenis dasar perangkat lunak sistem, yaitu: sistem operasi (operating system), program utilitas dan bahasa pemograman.

a. Sistem Operasi (operating system) adalah software yang berfungsi untuk mengaktifkan seluruh perangkat yang terpasang pada komputer sehingga masing-masing dapat saling berkomunikasi. Atau bisa diartikan yaitu mengelola seluruh sumber-sumber yang terdapat pada sistem komputer dan menyediakan sekumpulan layanan ke pengguna sehingga memudahkan dan kenyamanan pengguna serta pemanfaatan sumber daya sistem informasi. Contoh : DOS, Unix, Linux, Windows, Mac OS.

b.  Proggram Utilitas yaitu berfungsi untukmembantu atau mengisi kekurangan/kelemahan dari sistem operasi. Contoh PC Tool, Norton Utility, Scandisk, Software CD/DVD Burning, Pengkompres File.

c. Bahasa Pemograman.
Merupakan software yang khusu digunakan untuk membuat program komputer baik sistem operasi, program paket atau semacamnya. (Akan dibahas pada perjumpaan berikutnya).

2. Perangkat Lunak Aplikasi (application software).
Aplikasi software adalah program yang dirancang untuk membuat pengguna lebih produktif. Software aplikasi meliputi berbagai jenis program yang dapat dipisahkan ke dalam kategori umum dan khusus.

Contoh Khusus program tersebut hanya digunakan oleh bagian keuangan saja dan tidak dapat digunakan oleh lembaga lainnya. Program ini dibuat oleh programmer yang permintaan/kebutuhannya sesuai dengan keperluannya seperti Payroll.

Contoh umum seperti Word Processing (Microsot Word, Notepad), spreadsheet (Microsoft Office, Lotus123) dan lain-lain.

Demikian sekilas tentang pengertian perangkat lunak (software). Penjelasan yang sedikit dalam ini saya dapatkan ketika di bangku kuliah (STT STIKMA Internasional), tidak saat SMP maupun SMA.
Sampai jumpa.


Referensi :
"Pengenalan Teknologi Komputer dan Teknologi".[mohon maaf atribut daftar pustaka kurang lengkap]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar