Kamis, 09 April 2015

Pengertian RAM (Random Acces Memmory)

RAM merupakan salah satu komponen komputer yang terpasang pada slot di Motherboard. Kepanjangan RAM yaitu Random Acces Memmory. RAM berfungsi menyimpan data bersifat sementara yang artinya segala akses data komputer dan komputer dalam keadaan hidup, selama itu pula RAM akan menyimpan dan menampung segala bentuk perintah-perintah dari user. Semakin besar RAM yang ada semakin pula cepat pula pembacaan dan penyelesaian akses data. Namun dari tiap produk biasanya pada motherboard terdapat ukuran batas maksimal RAM untuk dapat digunakan.

Satuan dalam RAM dinyatakan dalam Byte. Untuk ukuran kapasitasnya sudah berkembang dari waktu ke waktu yaitu, 64 MB, 128 MB, 256 MB, 512 MB, 1GB, 2GB, 4GB dan seterusnya. Dari bentuknya juga mengalami perkembangan seperti DDR1, DDR2 dan DDR3. Kepanjangan DDR yaitu Double Data Rate. DDR1 indikatornya dapat dilihat dari letak slotnya pada gigi. Untuk sekarang teknologi yang digunakan umumnya sudah DDR3.

Perhatikan gambar berikut !


 Namun gambar diatas sebagai ilustrasi, coba perhatikan gambar dibawah ini.



Gambar DDR2 maupun DDR3 kurang lebih seperti dibawah ini.




Ada perbedaan antara DDR1, DDR2 dan DDR3. Perbedaannya terletak pada ukuran PC. Untuk DDR1 berkisar antara PC 2700 atau PC 3400. Untuk DDR2 PC 5500 dan PC 6500. Sedangkan untuk DDR3 PC 10400.
Ada istilah lain tentang RAM yaitu RAM yang digunakan pada PC ( Personal Computer) dan Notebook maupun Natebook. Untuk RAM yang digunakan pada PC seperti RAM yang dibahas diatas yaitu DDR1, DDR2 dan DDR3. Sedangkan untuk Notebook atau Natebook yaitu SODIM. Kepanjangan dari SODIM Small Outline Dual In-Line Memmory Modul.
Berikut contoh gambar dari SODIM.



Seri atau jenis DDR sangat penting perannya dalam komponen Motherboard. Jika sebuah rakitan komponen Motherboard menggunakan DDR2, maka RAM juga harus menyesuaikan dengan RAM DDR2, begitu sebaliknya. Bagaimana jika tidak sama, jelas maka komputer atau Notebook tidak bisa hidup bahkan RAM bisa terbakar. Pemasangan RAM yang benar saat perakitan komputer misalnya, terdapat bunyi bib yang menandakan komputer dalam keadaan siap dipakai. Tidak hanya untuk RAM namun segala semua komponen. Untuk indikator RAM itu sendiri jika dia dalam keadaan kondisi baik yaitu ketika bunyi bib berbunyi 1x.

Demikianlah sekilas tentang pengertian RAM dan fungsinya. Sampai jumpa lagi...


Tidak ada komentar:

Posting Komentar